Penguasa Hobi Goreng Isu Makar, Ini Tanggapan Keras Suryo Prabowo



Dakwah Media - Mantan Wakasad TNI, Suryo Prabowo buka suara soal makar. Dalam keterangan dalam facebooknya, Suryo Prabowo menjelaskan mengenai arti makar yang sesungguhnya.

Berikut keterangan lengkap yang dipaparkan Suryo Prabowo soal makar:

Rencana KUDETA atau MAKAR, benernya ada atau nggak sih?

Pengertian Kudeta (bahasa politik), secara umum SAMA dengan Makar (bahasa hukum). Yaitu penggulingan rezim yang sedang berkuasa, atau penggantian kepala negara sebelum selesai masa jabatannya.

Kudeta itu banyak caranya. Tetapi cara apa pun yang dipilih, hampir selalu melibatkan militer. Meski begitu, kudeta tidak selalu diwarnai tembak-tembakan. Pelibatan militer dalam kudeta bisa saja hanya dalam bentuk pembiaran, atau pembangkangan terhadap kepala negaranya. Pastinya tentara di negara mana pun (seharusnya) mengetahui sebelumnya bila akan terjadi kudeta di negaranya.

Indonesia pernah mengalaminya, yaitu jamannya Presiden Soekarno (1966), Presiden Soeharto (1998) dan Presiden Gusdur (2001). Diakui atau tidak, ketiga makar itu bisa sukses karena "direstui", dan didukung oleh kekuatan asing.

Kemudian karena hukum itu adalah subordinasi dari politik, maka mereka-mereka yang memimpin makar/kudeta terhadap ketiga presiden tersebut tidak pernah dihukum. Sebaliknya justru kepala negara yang dikudeta selalu terancam hukuman pidana.

Pelaku kudeta/makar pasti dipidana, bila mereka gagal. Tetapi dinegara demokratis amat sangat jarang terjadi, ada orang yang digrebek malam hari, karena 'diduga baru berpikir mau AKAN' melakukan makar. Penggerebrekan seperti itu hanya pernah terjadi di negara yang dipimpin oleh diktaktor.

Nah ..... bila di negara kita sekarang ini TNI mengatakan TIDAK ada kudeta, dan Polri mengatakan diduga ADA rencana kudeta, sementara itu rasa-rasanya belum terlihat adanya "restu" dari kekuatan asing (atau aseng?) yang mendukung terjadinya kudeta yang akan dilakukan oleh kelompok radikal Islam, artinya?

------

Kata kuncinya adalah..

Rezim yang paranoid, sehingga takut dikudeta, hanyalah rezim yang sadar sesadar-sadarnya, bahwa kinerja mereka tidak berkualitas, dan tidak hanya sering membohongi rakyatnya, tetapi mereka juga sering memonopoli dan memanipulasi keadilan.

Oleh Suryo Prabowo [obi]

0 Response to "Penguasa Hobi Goreng Isu Makar, Ini Tanggapan Keras Suryo Prabowo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Plis Like Fanpage Kami ya
close