Ternyata Tulisan Afi Nihaya Hanya Plagiat?



Dakwah Media - Dengan pistol kita bisa membunuh teroris, tapi dengan pemahaman agama yang baik kita bisa membunuh terorisme.

Itulah kalimat penutup tulisan terbaru Afi yang diunggah pada 25 Mei lalu tentang belas kasih. Saya terusik dengan kalimat tersebut karena pernah merasa membaca yang serupa. Setelah otak-atik di berbagai aplikasi plagiarisme, saya baru ingat, kalimat itu pernah diucapkan Malala, anak muda yang meraih nobel karena perjuangannya di bidang pendidikan. "With guns, you can kill terrorists. With education, you can kill terrorisme."

Kurang lebih berarti, dengan senjata kalian bisa membunuh teroris, dengan pendidikan kalian bisa membasmi terorisme. Kegelisahan saya ternyata dialami juga beberapa orang di beranda pertemanan saya. Perbincangan seru terjadi di laman Nuruddin Asyhadie, seorang kritikus sastra yang memang sangat tegas pada teks.

Di statusnya, ia berusaha memancing diskusi, apakah teks yang ditulis Afi benar-benar layak dibilang jenius, logikanya pas, dan sejenisnya. Namun, perbincangan itu menguak hal lain, yakni dugaan plagiarisme yang dilakukan Afi.

Tulisan Afi mengenai belas kasih ini bisa dibilang sama persis dengan tulisan Mita Handayani yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016. Bahkan status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita.

Dari perbandingan di atas, yang berbeda hanyalah judul, tanda baca, dan enjambemennnya/ pemenggalannya, bukan?

Tulisan Pringadi di Sini 

0 Response to "Ternyata Tulisan Afi Nihaya Hanya Plagiat?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Plis Like Fanpage Kami ya
close