Djarot Minta Diberi Kewenangan Setingkat Menteri, Buat Apa?



Dakwah Media - Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengaku butuh diberi kewenangan setingkat Menteri.

Alasannya, menurut dia, menata Ibu Kota tidak hanya dilakukan di dalam Jakarta, tapi juga meliputi penataan daerah penyangga yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Diakui Djarot, dalam mengurus Ibu Kota dirinya memiliki kompleksitas tinggi. Selain itu, seharusnya Jakarta bukan lagi berkonsep metropolitan, melainkan kota megapolitan.

"Konsepnya Jakarta kan sudah bukan lagi kota metropolitan, tapi megapolitan. Artinya membangun Jakarta juga harus sekaligus menata kawasan sekitarnya, Jabodetabek. Ini harus, ya," kata Djarot di Balai Kota DKI, Senin (31/7/2017).

Karena itulah, bekas Walikota Blitar ini berpendapat, Gubernur DKI perlu diberi kewenangan setingkat menteri untuk menata daerah penyangga tersebut.

Menurut Djarot, kewenangan tersebut sebelumnya juga pernah diberikan Presiden Soekarno kepada Gubernur DKI Jakarta terdahulu.

"Nanti iya. Itu kan tergantung. Ini kan lintas provinsi, Jakarta, Banten dan Jabar. Oleh karena itu, Gubernur Jakarta itu levelnya selevel menteri sebenernya. Karena ini namanya daerah khusus Ibu Kota. Ada kata khususnya lho," terang politikus PDIP ini.

Lebih jauh, Djarot mengatakan dengan kewenangan menata daerah sekitar tersebut, maka Gubernur DKI Jakarta akan dapat mengintigrasikan kawasan Jabodetabek untuk menjadi kota megapolitan. [tsc]

0 Response to "Djarot Minta Diberi Kewenangan Setingkat Menteri, Buat Apa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Plis Like Fanpage Kami ya
close