Survei Median : Loyalitas Konstituen Partai Koalisi Pemerintah Terhadap Jokowi Ternyata Rendah



Dakwah Media - Media Survei Nasional (Median) melalui survey terbarunya menemukan adanya ketidsolidan persepsi dari konstituen partai-partai pendukung pemerintah terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam survei yang bertajuk “Menakar Loyalitas dan Persepsi Grass Root partai terhadap Jokowi”, Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menerangkan bahwa lembaganya telah melakukan identifikasi persepsi konstituen masing-masing partai.

“Kami mengidentifikasi persepsi konstituen partai-partai terhadap dua hal, yaitu terhadap kemampuan Jokowi, dan terkait sudah benar atau tidaknya arah perjalanan bangsa di tangan Jokowi,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Panjimas.com, Rabu (18/10).

Menurut Rico, ketika ditanyakan kepada responden, terkait sudah benar atau tidaknya arah bangsa di masa. Ternyata dari partai-partai koalisi pemerintah, hanya PDIP dan Nasdem yang konstituenya di atas 60 persen menjawab sudah benar.

“Sebanyak 75 persen grass root PDIP menjawab arah bangsa di masa Jokowi sudah benar, di urutan kedua diduduki Nasdem sebanyak 66,3 persen,” terangnya.

Sedangkan, lanjutnya. konstituen partai-partai koalisi lainnya, memiliki persepsi yang relatif lebih rendah. Konstituen PAN hanya 19,8 persen yang menganggap arah bangsa saat ini sudah benar, sedangkan PKB sebanyak 32,7 persen, Golkar 37,3 persen, PPP 37,9 persen, Hanura 36,3 persen, dan perindo sebesar 41,9 persen,” paparnya.

Kemudian ketika ditanyakan apakah Jokowi mampu menjalankan tugas sebagai Presiden, menurut Rico, di antara konstituen partai-partai koalisi pemerintahan juga terlihat adanya ketidaksolidan, alias pembelahan persepsi. Hanya konstituen PDIP dan Nasdem yang memiliki persepsi positis di atas 60 persen, terhadap kemampuan Jokowi.

“Ada sebanyak 90,5 konstituen Nasdem yang menyatakan Jokowi mampu menjalankan tugasnya, di urutan kedua diduduki PDIP sebanyak 72,8 persen, PKB 54,1 persen, PPP 42,1 persen, Hanura 50,5 persen, Golkar 38,5 persen, dan Perindo 28,3 persen,” tuturnya.

Rico menambahkan, dari kedua pertanyaan terkait persepsi terhadap jalannya pemerintahan dan kemampuan Jokowi itu, maka dapat disimpulkan, diantara partai koalisi, loyalitas relatif tertinggi terhadap Jokowi hanya terdapat pada konstituen PDIP dan Nasdem.

Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 14-22 September 2017, terhadap 1000 responden yang telah memiliki hak memilih di seluruh Indonesia, melalui metode multi stage random sampling, dengan margin error 3,1 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. [pmc]

0 Response to "Survei Median : Loyalitas Konstituen Partai Koalisi Pemerintah Terhadap Jokowi Ternyata Rendah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Plis Like Fanpage Kami ya
close