JOKOWI MEMBELI FREEPORT ? JOKOWI PAHLAWAN ? FREEPORT SENANG SEKALI.



Dakwah Media -  Oleh: Salamuddin Daeng

Katanya ini luar biasa. Amerika Serikat ditekuk. Perusahaan asal Amerika Serikat di nasionalisasi. Ini Jokowi adalah pemerintahan progressive revolusioner. Berani melalukan nasionalisasi aset perusahaan AS.

Tapi kok di internasional tidak diberitakan sebagai peristiwa heroik? Tidak dibicarakan sebagai tindakan pemerintahan yang nasionalis? Tidak diberitakan sebagai tindakan nasionalisasi? Ternyata Pemerintahan Jokowi membeli mahal, memberi uang perusahaan freeport  dalam jumlah besar hampir 4 miliar dolar Amerika Serikat.

Pertanyaannya ? Apa sebenarnya yang dibeli Jokowi? saya lihat di televisi saat pembelian Freeport wajah Presiden dan menteri Esdm malah murung. Sementara direktur utama Freeport tampak bahagia. Dia menyatakan sangat senang sekali dengan kesepakatan ini. Karena ini memberi kepastian pada Freeport untuk beroperasi sampai tahun 2041. Dalam hati Dirut Freeport "enak ya sudah dapat uang dapat perpanjangan kontrak pula"

Ini kok malah Freeport yang senang? Pertanyaannya ;

1.  Benarkah Jokowi tidak membeli Freeport Indonesia tapi membeli Rio Tinto Indonesia atau Rio Tinto Internasional? Rio Tinto adalah salah satu kontraktor Freeport yang mengerjakan proyek Grasberg di Papua dengan skema bagi hasil tambang Grasberg.

2. Benarkah Jokowi hanya membeli cadangan Grasberg salah satu cadangan milik Freeport FcX. ?Grasberg adalah salah satu dari puluhan lokasi tambang milik Freeport FCX di Indonesia. Cadangan Grasberg sudah habis, sekarang tinggal tambang underground.

3. Benarkah Jokowi tidak membeli saham tapi membeli Participating Interest milik Rio Tinto di Freeport?. Saham dan Participating Interest itu berbeda. Hal pemegang Participating Interest dengan hak pemegang saham berbeda. PI mungkin hanya sebatas jatah produksi dalam jumlah tertentu sampai akhir kontrak. PI bukan saham dan tidak punya hak sebagai pemegang saham.

Kalau ini benar maka sungguh rugi membeli Participating Interest senilai 4 miliar dolar.  Kalau yang terima uang ini Freeport maka pasti senang sekali, karena tersedia dana untuk bayar utang Freeport yang sekarang sudah mencapai 16 miliar dolar. Utang yang sudah melebihi aset kapitalisasi Freeport yang hanya sebesar 14  miliar dolar di internasional. Jadi itukah yang membuat Presiden murung dan menteri Esdm kurang bahagia? Sekedar bertanya sih.

Catatan Penting :

BEBERAPA KEANEHAN SETELAH PEMBELIAN SAHAM FREEPORT :

NILAI KAPITALISASI PASAR FREEPORT MCMORAN HARI INI TURUN MENJADI 14,5 BILLION DOLAR. MERUPAKAN PENURUNAN YANG SEMAKIN DALAM DARI 19,1 BILLION DOLAR OKTOBER LALU.

Freeport-McMoRan Inc Market Cap:14.56B for Dec. 21, 2018. https://ycharts.com/companies/FCX/market_cap

ANEHNYA HARGA SAHAM FREEPORT DI NEWYORK STOCK EXCHANGE JUGA JATUH. Kemarin 21 Desember 2018, Harga saham Freeport jatuh 1,86%, sejak 2014 harga saham Freeport telah jatuh dari 40 dolar per lembar menjadi 10 dolar per lembar saham. 

0 Response to "JOKOWI MEMBELI FREEPORT ? JOKOWI PAHLAWAN ? FREEPORT SENANG SEKALI. "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Plis Like Fanpage Kami ya
close